PROGRAM APLIKASI HOTEL DAN PROGRAM HOTEL

  • PROGRAM APLIKASI HOTEL
 Mendirikan dan mengembangkan bisnis perhotelan memerlukan suatu sistem yang handal dan terintegrasi agar strategi dan tujuan bisnis yang direncanakan dapat diraih secara total. Dengan penerapan sistem perhotelan yang baik akan mampu mengurangi cost secara signifikan, mampu meningkatkan kinerja perusahaan dan menjaring customer loyalty lebih banyak.

  • PROGRAM HOTEL
PROGRAM HOTEL hadir sebagai solusi penerapan manajemen hotel secara terintegrasi dan menyeluruh melalui software manajemen perhotelan yang handal. PROGRAM HOTEL ini dapat dikembangkan dimanapun termasuk hotel, apartemen, resort dan lain sebagainya. Dengan menggunakan PROGRAM HOTEL, perusahaan Anda dapat meningkatkan pelayanan kepada kustomer secara lebih baik yang akan berdampak positif pula pada peningkatan profit/ keuntungan perusahaan.

Beberapa penerapan sebagai berikut :
(dapat disesuaikan dengan kebutuhan manajemen hotel)

1. DATA
Untuk mendukung jalannya aplikasi, dibentuk data pendukung sebagai berikut :
  • Tarif & Jenis Kamar.
  • Pencatatan tarif harga dan jenis sewa kamar yang ada pada hotel.
  • Kamar
  • Pencatatan nomor kamar yang ada pada hotel yang disertai harga modal, tarif harga jual.
  • Fasilitas Kamar
  • Pencatatan fasilitas yang ada pada tiap-tiap kamar.
  • Menu Makanan Resturan/ Mini Bar
  • Pencatatan jenis menu makanan dan minuman yg tersedia beserta daftar harga/ modal. Pemesan akan diberikan tagihan dalam bentuk Bill yang tercetak oleh printer. (boleh menjadi bill tamu ataupun pengunjung sesaat/ cash)
  • Bank Data Tamu.
  • Booking
  • Pemesanan kamar
  • Daftar Rekanan
  • Daftar rekanan hotel yang diperbolehkan menjadi piutang.
  • Cara Pembayaran
  • tehnik cara tamu membayar di kasir (cash, piutang, dll)
  • Identitas Petugas
  • daftar nama petugas/ user.
  • Nama Negara
  • kelompok tamu berdasarkan negara.
  • Propinsi
  • kelompok tamu berdasarkan daerah propinsi
  • Satuan Barang
  • Transaksi barang makanan/minuman di restauran.
  • Unit Kerja
  • Daftar unit kerja yang ada di Hotel.
  • Daftar Tarif Biaya / Dep.
  • Daftar seluruh tarif biaya (tarif data electronic)
  • Departemen Penerimaan
  • Pusat biaya pada kas penerimaan.
  • Kumpulan Register Penerimaan
  • daftar penerimaan yang terintegrasi. 

2. TRANSAKSI
  •  BOOKING (Pemesanan kamar)
  •   CHECK IN (Registrasi tamu)
  •   INPUT BILLING, Pencatatan tranksaksi terhadap :
  •   Administrasi
  •   Kamar penginapan
  •   Restaurant/ Mini Bar * Print of Sales
  •   Pusat Jajanan/ belanja
  •   Bar/ Karaoke
  •   Loundri
  •   Rent Car / Taxi
  •   Convention Hall
  •   Telephone
  •   Etc
  •   CHECK OUT
  •   PRINT OUT KWITANSI / BILL

3. REPORT (LAPORAN)
  • Tamu yang sedang menginap
  • Daftar pemakaian kamar (kosong, berisi)
  • Uang Kas Masuk (harian/ bulanan/ tahunan)
  • Penerimaan per petugas kasir
  • Omset dan Laba (per departemen)
  • Piutang Rekanan
  • Register Penerimaan .
~Hari yang cerah membuatku menambah besemangat tp tiada kekasih yang menenami ku untuk saat 
  ini :-( :-( :-(
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar